Apa Itu Logo? Manfaat Logo Dalam Sebuah Bisnis dan Perusahaan

Pengenalan Tentang Logo



Logo. Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata logo? Kebanyakan dari kita pasti merujuk pada gambar visual sebuah brand milik perusahaan maupun bisnis. Namun, apakah sebuah logo hanya sekedar gambar visual yang bisa dilihat dengan mata? Atau lebih dari sekedar gambar visual belaka yang menarik perhatian kita? Logo seperti Coca-Cola, KFC, Apple  dan berbagai logo terkenal lainnya pasti sudah tidak asing di telinga dan mata kita.

Namun disini kita tidak akan membahas berbagai macam logo terkenal tersebut, tetapi bagaimana logo-logo terkenal yang sudah disebutkan sebelumnya bisa menginisiasi diri kita. Maksudnya, jika misalnya kita melihat logo KFC maka secara otomatis kita akan ingat dengan ayam goreng crispy  serta bumbu masaknya yang unik dan menggugah selera makan kita. Atau jika kita melihat logo Apple, kita akan ingat dengan smartphone yang mahal dan bergengsi.

Bagaimana itu bisa terjadi? Seakan semua kesan, semua value(nilai) dari produk bisnis atau perusahaan tersebut terwakili oleh keberadaan sebuah logo. Disinilah kita akan membedah manfaat dari sebuah logo bagi bisnis dan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sebuah logo :

Sebagai Identitas Visual


ilustrasi Iklan Coca-Cola

Logo adalah identitas visual dari sebuah brand atau bisnis. Dengan desain yang unik dan khas, logo membantu  mengenali brand secara instan dan membedakannya dari pesaing. Dengan demikian, brand memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaingnya. Logo yang kuat membantu menciptakan kesan yang langgeng di benak konsumen dan itu berarti brand atau bisnis akan diingat dalam jangka waktu yang panjang. Contohnya seperti logo Coca-Cola yang bertahan selama puluhan tahun tanpa merubah logo mereka. Dan orang mengingat Coca-Cola sebagai salah satu brand minuman terkenal di dunia selama-bertahun-tahun dari generasi ke generasi.

Meningkatkan Kesadaran Brand 

ojek online Gojek di jalan, dan kita dapat mengenalinya sebagagai brand

Logo yang konsisten dan terlihat secara luas membantu meningkatkan kesadaran brand. Dengan logo yang mewakili identitas perusahaan atau bisnis, dan logo  tersebut ditampilkan dalam berbagai media, seperti iklan, situs web, media sosial, atau materi pemasaran, hal ini membantu brand dikenal oleh lebih banyak orang dan mengingatkan serta menyadarkan mereka akan kesan dan value yang mereka peroleh, yang diwakilkan logo tersebut. Sebagai contoh ketika kita melihat logo Gojek baik di social media, iklan, maupun baliho, kita mengingatnya sebagai brand untuk platform layanan berbasis aplikasi yang menyediakan berbagai layanan, termasuk jasa transportasi dengan motor atau ojek, jasa pengiriman barang, dan berbagai layanan lain seperti pesan antar makanan (food delivery) dan pembayaran digital.

Memperkuat Branding dan Citra Brand

gerai Mixue yang menjamur di Indonesia

Logo berperan penting dalam memperkuat branding dan citra brand. Desain logo yang tepat mencerminkan nilai-nilai dan pesan brand, sehingga dapat mengkomunikasikan karakter dan esensi bisnis dengan lebih mudah kepada konsumen. Misalnya saja Mixue. Mixue merupakan brand ice cream and tea (es krim dan teh) yang terkenal dan booming. Hampir di setiap titik di kota-kota baik kota besar maupun kota kecil khususnya di Indonesia, terdapat gerai Mixue. Merek dan brand ice cream banyak jumlahnya, namun Mixue memiliki citra brandnya tersendiri sehingga banyak diminati.

Membangun Kepercayaan dan Pengenalan

Produk Iphone yang terkenal dan banyak diminati

Logo yang dikenal dan diandalkan membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap brand. Ketika konsumen  melihat logo yang familiar, mereka merasa yakin dengan kualitas dan reputasi merek tersebut. Sebut saja Apple yang kita kenal sebagai produsen gadget yang mahal namun berkualitas. Produk-produk Apple sering kali memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya, tetapi juga dianggap memberikan nilai tambah dan kualitas yang unggul. Sehingga, meskipun harganya terbilang mahal, namun banyak yang berminat dan mengidamkan  produk Apple tersebut.

 Menginisiasi Asosiasi dan Emosi

KFC yang terkenal dengan brand makanannya yang lezat

Logo dapat memicu asosiasi dan emosi tertentu pada konsumen. Melihat logo KFC kita dapat mengaitkannya dengan ayam goreng yang lezat, sedangkan logo Apple dapat memicu perasaan eksklusivitas dan inovasi dari sebuah gadget. Asosiasi dan emosi ini membantu mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan.

Sekian mengenai manfaat logo bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang logo dan manfaatnya yang luar biasa bagi keberlanjutan bisnis dan perusahaan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya…


Sumber Gambar :

https://unsplash.com/photos/Px7rw3I3e1M?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

https://unsplash.com/photos/K8Q0F_Awy-s?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

https://snaplola.com/cara-daftar-dan-biaya-buka-franchise-mixue/

https://unsplash.com/photos/bOKESlj2dlk?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

https://unsplash.com/photos/HYpXP6Zk1dw?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink



 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Apa Itu Logo? Manfaat Logo Dalam Sebuah Bisnis dan Perusahaan"

Post a Comment