Cara Membuat Akun Google



Tidak bisa dipungkiri bahwa Google saat ini masih menjadi raksasa teknologi yang menguasai hampir setiap aktifitas digital yang kita lakukan. Mulai dari G-mail(surat elektronik besutan Google), Youtube yang sudah sangat umum dan dikenali oleh banyak dari kita, yang bahkan menjadi salah satu mata pencaharain yang “oke”.., yaitu menjadi Youtuber, membuat kelas online menggunakan Google Classroom, sampai membuat kuesioner online menggunakan Google Forms. Dan masih banyak lagi layanan Google lainnya yang tidak dapat dibahas satu persatu pada artikel ini.

Sadarkah Anda istilah apa yang keluar dari mulut kebanyakan orang ketika akan mencari informasi di internet? “googling”. Yes, tepat sekali. “wah ini kayaknya harus googling di internet nih..” Bahkan sampai istilah itupun ada kaitannya dengan Google. Padahal, ada banyak peramban atau search engine lainnya di internet seperti Mozila, Safari, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Dan Anda sebagai pengguna Android pasti tidak asing dengan Google Playstore. Sebuah toko elektronik untuk membeli atau mengunduh secara gratis software dan aplikasi lainnya seperti games, aplikasi, buku elektronik dan lain sebagainya. Jika Anda belum memiliki akun Google maka anda sama sekali tidak bisa mengakses Google Playstore.

Menyadari betapa berkuasanya Google terhadap segala produk digital yang kita gunakan sehari-hari, maka penting untuk memiliki akun Google. Akun Google yang kita miliki ibarat sebuah kunci yang mampu membuka pintu-pintu layanan yang luar biasa. 

Satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai cara membuat akun Google, yaitu bahwa membuat akun Google itu “Gratis”. Yes, its literaly Gratis. Anda cukup memiliki perangkat baik itu smartphone maupun desktop, dan akses internet,  Anda akan bisa membuat akun Google, dan membuka dunia digital yang terbentang luas di depan mata Anda.

 

Membuat Akun Google

Oke, kita akan langsung lanjut ke bagian membuat akun Google.


  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah buka peramban Anda dan ketikan kata kunci “buat akun google”!

 


  • Kemudian pilih site yang seperti ditunjukan di bawah ini dan klik untuk masuk ke dalam site tersebut!


  • Setelah masuk ke dalam sitenya, di halaman awal, Anda akan diberikan pilihan yaitu akan membuat akun Google untuk “penggunaan pribadi” atau “penggunaan bisnis”.
  • Pada artikel ini, kita akan membuat akun Google untuk penggunaan pribadi. Jadi, klik tombol untuk membuat akun Google penggunaan pribadi.


  • Lanjut, setelah itu Anda akan diminta untuk mengisikan “nama depan” dan juga “nama belakang” akun. Silakan isikan nama depan dan nama belakang sesuai dengan keinginan Anda. Dalam artikel ini, sebagai contoh kami menggunakan nama depan “kreatif” dan nama belakang “blog”.  Setelah itu, klik tombol berikutnya!

 


  • Setelah mengisi nama depan dan nama belakang, Anda akan diminta untuk mengisikan data lahir. Silakan isikan data lahir Anda secara lengkap, mulai dari “tanggal lahir”, “bulan” dan juga “tahun”. Jika sudah, klik tombol berikutnya!


  • Anda akan diberikan 2 pilihan nama akun yang tergenerate secara otomatis. Dalam konteks artikel ini, “blogkreatif7@gmail.com” merupakan generate pertama, dan “kreatifblog97@gmail.com” merupakan generate yang kedua. Jika Anda cocok dengan salah satu dari dua nama akun generate tersebut, pilih salah satunya dan tekan tombol berikutnya!

 



  • Namun jika Anda ingin membuat nama lainnya,silakan untuk mengetikan nama untuk akun Anda, sesuai keinginan Anda.



  • Di bagian selanjutnya, Anda akan memasukan password. Penting untuk diketahui, gunakan password yang panjang dan rumit, sehingga keamanan lebih terjaga. Kemudian di bagian konfirmasi, silakan duplikat atau copy and paste password yang baru saja Anda buat.



Penting*

Kami sarankan untuk menyimpan password Anda di perangkat Anda. Sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika lupa password. Silakan Anda dapat menyimpat password Anda di note. Dalam artikel ini, kami menggunakan notepad.

 


Setelah itu simpan di folder khusus. Silakan buat sendiri folder di perangkat Anda, dan namai folder tersebut(misal nama folder “akun saya”). Simpan baik-baik folder beserta isinya, karena didalamnya terdapat data penting milik Anda. Jangan sampai diketahui atau bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Jika sudah beres dengan masalah password, silakan klik tombol berikutnya!

 

  • Kemudian akan ada tampilan “E-mail pemulihan”. E-mail pemulihan akan muncul secara otomatis jika perangkat Anda, terdapat akun Google yang lainnya. E-mail pemulihan berfungsi sebagai mekanisme keamanan berlapis. Mengenai sistem keamanan Google dan cara kerjanya, akan dibahas pada artikel selanjutnya kelak. Masukan E-mail pemulihan dan ketik tombol berikutnya!





  • Jika Anda tidak ingin menggunakan E-mail pemulihan, Anda langsung saja ketik tombol lewati! Namun disarankan untuk menggunakan E-mail pemulihan agar keamanan akun Anda lebih terjamin.
  • Setelah itu, akan ada tampilan untuk menambahkan nomor telepon. Ini juga merupakan opsi kemanan berlapis dari Goole. Masukan nomor handphone Anda, kemudian klik tombol berikutnya!



  • Namun jika Anda memutuskan untuk  tidak menambahkan nomor telepon, silakan klik tombol lewati! Dan kemudian akan ada tampilan "Tinjau info akun Anda", pada bagian tersebut, langsung saja klik tombol berikutnya!

 


  • Kali ini adalah langkah terakhir dalam membuat akun Google, yaitu dokumen “persyaratan dan privasi”. Di dalamnya isinya kurang lebih “ketentuan yang berlaku” dan “aturan main” dalam kepemilikan akun Google.

 









  • Jika Anda mau membaca dokumen tersebut silakan, jika tidak mau ribet silakan langsung saja klik tombol saya setuju!

 

Akun Google Andapun sudah selesai dibuat!

 



Sekian artikel dari kami yang menjabarkan mengenai cara membuat akun Google. Kesimpulannya, akun Google menurut kami adalah hal yang wajib untuk dimiliki, karena saat ini dan kedepannya kita akan dihadapi kepada digitalisasi yang besar-besaran dan juga masif. Terutama jika digitalisasi tersebut berkaitan dengan dunia kerja. Oleh karena itu, dengan memiliki akun Google, Anda telah membantu diri Anda sendiri.

 

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai bertemu di artikel selanjutnya…

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Akun Google"

Post a Comment