Buat Gmail Anda Lebih Efisien Dengan penggunaan Fitur Label

 

Photo by Solen Feyissa on Unsplash


Gmail merupakan layanan email dari Google yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari surat-menyurat elektronik. Dengan kemampuan Gmail, kita dapat dengan mudah memeriksa dan mengelola pesan elektronik, baik yang bersifat sosial, promosi, maupun pesan pribadi, langsung di dalam kotak masuk Gmail kita. Penggunaan Gmail telah menjadi bagian penting dalam berbagai aktivitas, mulai dari verifikasi akun hingga mengirim lamaran pekerjaan ke institusi tertentu.

Namun, di tengah kenyamanan ini, seringkali kita dihadapkan pada tantangan mengelola pesan email yang semakin bertambah. Terkadang, pesan-pesan penting dapat terbenam di antara ribuan pesan lainnya, menyebabkan kesulitan dalam pencarian dan bahkan berpotensi mengabaikan pesan yang seharusnya mendapat perhatian lebih. Dalam artikel ini, kami akan mengulas berbagai cara efektif dan efisien untuk menggunakan Gmail, membantu Anda mengatasi permasalahan ini dan mengoptimalkan pengalaman penggunaan email Anda, melalui fitur Label dan Filter yang disediakan pada Gmail.

 

Pengelolaan Label

Pengelolaan Label merupakan tips menggunakan Gmail Anda lebih efisien. Label dalam Gmail mirip seperti sebuah folder. Namun folder tersebut terletak dalam aplikasi Gmail Anda, bukan di komputer atau folder perengkat Anda. Anda dapat mengelompokan Label berdasarkan kategori, project maupun prioritasnya. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat dan mengelola Label pada Gmail:

 

Membuat Label:


Di panel kiri Gmail, klik tanda panah ke bawah (selengkapnya)



Gulir ke bawah dan klik "Buat Label Baru".



Beri nama label dan gunakan pilihan opsional untuk menerapkan label pada email yang sudah ada. Dalam contoh ini, kami memberikan nama Label dengan nama “Tips dan Trick”.

 


Menerapkan Label pada Email:

 

Buka email yang ingin Anda beri label. Pada contoh kami, kami menggunakan email yg ditandai sebagai email yang akan kami masukan pada label Tips dan Trick.

 




Klik ikon "Label" di atas email (ikon berbentuk label) dan pilih label yang ingin diterapkan. Pada contoh, kami menerapkan email pada Label Tips dan Trick.

 


Maka, Anda akan dapat melihat bahwa Label Tips dan Trick ditambahkan.

 


Menggunakan Label Warna:

Anda bisa memberikan warna khusus pada label untuk membedakan Label satu dengan yang lainnya. Pada contoh, kami telah menambahkan beebrapa Label sebelumnya dengan warna yang berbeda.

 


Geser kursor ke kanan, sehingga terdapat ikon "titik tiga". klik icon tersebut, kemudian pilih  "Ubah Nama dan Warna Label", kemudian pilih warna yang diinginkan.

 


Tentu Anda dapat menambahkan Label sesuai dengan preferensi dan kepentingan Anda masing-masing. Dengan menggunakan Label, maka Anda akan dapat menandai pesan berdasarkan preferensi Anda, dan menempatkannya dengan Label yang bersesuaian. Hal tersebut akan membuat Anda dapat mengantisipasi serta menyiapkan pesan-pesan ke dalam Label, sebelum akhirnya Anda baca.

Demikian tips dari kami terkait penggunaan Label dalam penggunaan Gmail, agar lebih efisien. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya…

 


 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Buat Gmail Anda Lebih Efisien Dengan penggunaan Fitur Label"

Post a Comment